Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Satu Dekade Jogja International Heritage Walk (JIHW) meng-Internasional-kan Jogja dan Indonesia

Satu Dekade Jogja International Heritage Walk (JIHW) meng-Internasional-kan Jogja dan Indonesia

Jogja Walking Association akan menyelenggarakan kembali kegiatan tahunan jalan kaki Internasional “The 10th Jogja International Heritage Walk 2018” dengan tema “Save the Nature, Respect the Culture, Jogja to the World”. Jogja International Heritage Walk merupakan kegiatan Jalan Kaki (Jalan Wisata) berskala internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan berjalan kaki. Selain itu JIHW juga memperkenalkan dan mempromosikan heritage Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Pada tanggal 7 Mei 2013 Indonesia-Yogyakarta telah resmi menjadi anggota Liga Jalan Kaki Dunia (International Marching League) http://imlwalking.org.Menyusul kemudian pada bulan November 2013, JIHW juga resmi disahkan sebagai anggota IVV – Internationaler Volkssport Verband atau International Federation of Popular Sport yaitu organisasi non profit yang mewadahi beberapa cabang olahraga populer seperti Triathlon. Melalui IML yang saat ini telah beranggotakan 30 negara, sedangkan IVV yang mewadahi 29 negara, sangat memungkinkan dan memudahkan para pejalan kaki dari negara-negara Eropa, Jepang dan Pan Pasifik untuk datang ke Indonesia khususnya Jogja.

Acara yang masuk dalam one of 100 best national event Kemenpar ini berlangsung sejak tanggal 16 sampai dengan 18 November 2018.  Pada tanggal 16 November ada rangkaian acara dari friendship walk, kongres, parade dan welcome dinner. Satu dekade JIHW tahun ini bertepatan dengan Indonesia yang diwakili Yogyakarta menjadi tuan rumah 4th IVV-Asianpiad. Maka dari itu rangkaian acaranya ada yang berbeda, yaitu adanya kegiatan sepeda yang dilaksanakan pada tanggal 17 November dan renang pada tanggal 18 November.

Acara jalan kaki dimulai tanggal 17 November pukul 06.00, dengan start dan finish di lapangan Brahma Candi Prambanan. Sebelum start akan ada sesi cucuk lampah oleh Gedruk Lampah Buto. Lalu selama perjalanan, pejalan kaki akan disuguhi berbagai hiburan menarik seperti pertunjukan akustik musik tradisional, wayang wong di area Candi Sari dan rencananya akan ada tari topeng pedalangan.

Selain jalan kaki, Jogja International Heritage Walk juga bekerja sama dengan berbagai pihak mengadakan kegiatan-kegiatan menarik seperti : Edukasi jamu oleh Wilwatikta, Senam zumba dan cek kesehatan gratis oleh Rotary Club of Yogya Tugu, Fun bike 10km gratis, Lomba mewarnai dan lomba melukis payung bersama komunitas Omah Parenting, Board game AR (Augmented Reality) bersama komunitas Sebangku, Edukasi&workshop Taman Siswa Ki Hajar Dewantara bersama Sariswara Club, Games dolanan anak, Edukasi lingkungan hidup dan donasi bibit pohon bersama Greentech UPN, Festival makanan dan barang-barang organik oleh Komunitas Organik Indonesia.

Hari kedua acara akan diadakan di Turi. Start akan dimulai pukul 06.00 di desa Pancoh dengan pilihan rute yang sama dengan hari pertama, yaitu 5,10 dan 20km. Rute baru JIHW ini memiliki keunikan-keunikan yang wajib dirasakan oleh peserta jalan kaki. Pada hari kedua JIHW, 18 November 2018 peserta bisa menikmati susu kambing etawa gratis di Rest Area. Warga desa juga akan menyajikan pertunjukan musik instrumental tradisional dan gunungan salak yang bisa menambah pengalaman menarik untuk pejalan kaki JIHW. Selain itu tak ketinggalan pertunjukan kesenian Barongan yang akan ikut memeriahkan keseruan jalan kaki di Jogja International Heritage Walk.

Dengan kontribusi sebesar 80ribu rupiah, fasilitas yang didapatkan peserta jalan kaki antara lain:  kaos, peta rute, snack dan air minum isi ulang di setiap rest area, finisher medal untuk pejalan kaki yang memilih rute 10km atau 20km, berbagai doorprize menarik(TV, kulkas, sepeda, dll), pertunjukan kebudayaan di sepanjang rute, serta hadiah hiburan menarik untuk game yang disediakan panitia. Tak ketinggalan tahun ini juga ada Royal Medal untuk peserta yang menjadi 50  finisher tercepat yang menyelesaikan rute 20km di Prambanan dan 20km di Turi.

Ajak keluarga tercinta dan sanak saudara bersama-sama untuk memeriahkan satu dekade JIHW. Persembahan untuk Jogja dan Indonesia serta masyarakat semua.

Untuk informasi dan pendaftaran : www.jogjaheritagewalk.com , atau bisa hubungi Contact Person di : 0813-9373-8358

Sosial Media :

Instagram & Twitter : @jogjawalking

Fanspage : Jogja International Heritage Walk