Live Streaming

INFO HITS TERKINI

DIY Siap Menyambut Dimas Diajeng Terpilih yang Baru pada 12 Oktober 2018 Mendatang

DIY Siap Menyambut Dimas Diajeng Terpilih yang Baru pada 12 Oktober 2018 Mendatang

Tidak terasa Pemilihan Dimas Diajeng Jogja 2018 akan segera memasuki puncaknya yaitu pada tanggal 12 Oktober mendatang. Malam penobatan Dimas Diajeng Jogja 2018 akan digelar di Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta. Hanya tinggal beberapa hari lagi, Dimas Bimananta dan Diajeng Arilia yang merupakan Dimas Diajeng Jogja 2016 terpilih akan segera mengestafetkan gelar dan amanah yang telah mereka emban selama dua tahun kepada Dimas Diajeng Jogja 2018 terpilih.

Pemilihan Dimas Diajeng Jogja tahun ini mengusung tema “Hamemayu Hayuning Budhi Pakarti, Hangesthi Budaya Luhur” yang bertujuan agar peran generasi muda semakin nampak dalam mempromosikan pariwisata dan melestarikan budaya seiring perkembangan zaman. Pemilihan Dimas Diajeng Jogja memiliki misi meningkatkan peran generasi muda dalam mendukung pariwisata sebagai salah satu sumber kekayaan dan kekuatan nasional bangsa Indonesia.

Serangkaian seleksi dan pembekalan telah dijalani oleh Finalis Dimas Diajeng Jogja 2018 mulai dari bulan Juli hingga bulan Oktober mendatang. Rangkaian seleksi diawali dengan tes tertulis pada tanggal 1 Juli 2018, dilanjutkan dengan tes wawancara yang meliputi wawasan kepariwisataan dan kebudayaan DIY, kemampuan berbicara di depan umum, penampilan bakat, serta kemampuan berbahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing.

Para finalis juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan field program sebagai aksi nyata dalam pengembangan potensi wisata dan budaya di DIY. Menariknya, pada tahun ini, field program finalis tidak hanya digelar di satu tempat saja namun di setiap kabupaten/kota di DIY. Ke-30 finalis dibagi menjadi 5 kelompok yang setiap kelompoknya mengusung tema dan kegiatan yang berbeda tergantung potensi yang ada di setiap kabupaten/kota. Kegiatan ini memuncak pada 27 September bertepatan dengan hari Pariwisata Internasional.

Berbagai pembekalan dan materi telah dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi seluruh finalis Dimas Diajeng Jogja 2018. Mendekati malam puncak, finalis juga akan menjalani karantina selama beberapa hari yaitu tanggal 9 Oktober hingga 12 Oktober di Hotel Tara, Yogyakarta. Rangkaian karantina juga meliputi malam unjuk bakat finalis dan gala dinner yang akan mengundang beberapa duta wisata di DIY. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tema rangkaian acara dan malam penobatan nantinya kental akan budaya dan gerakan melestarikan permainan tradisional dan isu modernisasi yang semakin mengikis lesatrinya budaya yang ditunjukkan dalam Mahakarya Opening Dance persembahan finalis dan cultural photo dan video shoot.

Dimas Diajeng Jogja tidak hanya terbatas pada perannya sebagai agen pendukung promosi pariwisata di DIY. Namun juga merupakan generasi muda representasi DIY sebagai pusat pendidikan, kebudayaan, dan tentunya pariwisata. Pemilihan ini telah diselenggarakan oleh pemerintah DIY sejak tahun 2009. Program ini selaras dengan program Dinas Pariwisata DIY dalam mencari putra-putri terbaik DIY yang akan memperkenalkan DIY ke masyarakat luas, dari tingkat regional hingga internasional.