Live Streaming

INFO HITS TERKINI

SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta Ajak Siswa Kunjungi Museum

SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta Ajak Siswa Kunjungi Museum

Hari terakhir kegiatan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah serta Kegiatan Pembinaan Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Rabu, 18 Juli 2018 siswa-siswi SMK Kesehatan Binatama kelas X dan XI melakukan kunjungan ke 4 museum, yaitu :

Kegiatan kunjungan ini diikuti oleh 225 siswa siswi dan 25 orang guru pendamping.

Rombongan SMK Kesehatan Binatama berangkat dari sekolah sekitar jam 08.30 dengan menggunakan 9 armada bus. Kunjungan awal adalah ke museum Museum Biologi Universitas Gadjah Mada. Museum Biologi UGM merupakan penggabungan dari Museum Zoologicum dan Herbanium. Di museum biologi siswa-siswi belajar mengenai berbagai macam flora dan fauna yang ada berasal dari Indonesia dan Luar Negeri. Museum biologi ini memiliki koleksi specimen flora dan fauna dalam bentuk awetan kering, awetan basah serta fosil yang dapat dilihat serta diamati oleh siswa-siswi SMK Kesehatan Binatama.

 

Setelah itu rombongan smk kesehatan binatama menuju Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman. Saat di Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman siswa-siswi mempelajari mengenai sejarah, pengabdian, pengorbanan dan perjuangan dari Panglima Besar Jenderal Sudiman, dimulai dari sejarah kelahiran, cerita masa kecil hingga bagaimana Panglima Besar Jenderal Sudirman berjuang untuk Kemerdekaan Indonesia. Selain mempelajari mengenai sejarah Panglima Besar Jenderal Sudirman, siswa-siswi juga dapat melihat langsung barang-barang peninggalan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Kunjungan yang ketiga yaitu ke Keraton Yogyakarta. Rombongan SMK Kesehatan Binatama disambut oleh petugas Keraton Yogyakarta. Siswa-siswi diberikan pengetahuan mengenai sejarah dari berdirinya kesultanan Yogyakarta dan mengenai kehidupan di Keraton Yogyakarta.  Saat di Keraton Yogyakarta siswa-siswi dapat menyaksikan kemegahan dan kewibawaan dari para raja pada saat memegang pemerintahan dari masa ke masa melalui koleksi Kristal, kereta, kain batik, lukisan Raden Saleh, Gamelan Pusaka hingga Koleksi Pribadi dari Sultan Hamengkubuwono IX.

Kunjungan terakhir yaitu kunjungan ke Museum Benteng Vredeburg yang terletak di daerah titik 0 km Yogyakarta. Di museum ini terdapat sejumlah bangunan yang di dalamnya terdapat diorama mengenai sejarah Indinesia yang dapat disaksikan serta dipelajari sejarahnya oleh siswa-siswi SMK Kesehatan Binatama. 

Siswa-siswi nampak senang dan menikmati kunjungan ke museum. Hal ini dibuktikan dengan keasyikan mereka dalam melihat berbagai pajangan yang ada dimuseum serta antusiasme pada saat pemandu museum memberikan arahan dan penjelasan mengenai museum.