Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Ratusan Peserta Se-Jawa Ikuti Lomba Robotech di UMY

Ratusan Peserta Se-Jawa Ikuti Lomba Robotech di UMY

Electro Fair 2018 berhasil menarik minat para pegiat robot usia dini hingga remaja. Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas mengikuti perlombaan ROBOTECH yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (5/4), di Sportorium UMY.

“Perkembangan teknologi robot di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan diadakan kegiatan ini dapat menjadi ajang para siswa – siswa yang mimiliki minat dan bakat untuk melatih kemampuan mereka, agar lebih matang kedepannya,” ujar Romadoni Syahputra selaku Kepala Jurusan Teknik Elektro.

Selain itu, Romadhoni Syahputra pun mendukung penuh agenda yang sudah terlaksana selama delapan kali ini, dan berupaya untuk terus mengembangkan acara ini agar bisa melahirkan bibit unggul yang bisa bersaing di kancah internasional.

Romadhoni juga menjelaskan total terdapat 235 (dua ratus tiga puluh lima) orang peserta yang terbagi dalam 95 tim dan bertanding pada dua kategori perlombaan, yaitu Sumo dan Transporter. Pada kategori Sumo, dua robot saling berhadapan dan menyerang hingga salah satu lawan keluar dari area yang ditentukan. Sementara kategori Transporter, dua robot saling beradu untuk memasukkan bola ke dalam lubang sebanyak mungkin. Robot yang berhasil memasukkan bola paling banyak yang keluar sebagai pemenangnya. "Yang menjadi unik pada kompetisi ROBOTECH kali ini adalah peserta tingkat sekolah dasar tidak hanya bertanding dengan siswa sekolah dasar lainnya. Tapi mereka dapat berhadapan dengan peserta dari Sekolah Menegah Pertama atau pun peserta Sekolah Menengah Atas," imbuhnya.

Sementara itu, Anjas selaku panitia juga mengatakan bahwa diadakannya perlombaan tahunan tersebut, agar bisa melihat perkembangan minat dan bakat generasi muda pada bidang robotika. Selain itu pula, antusiasme peserta dalam kompetisi ini terus bertambah tiap tahunnya. Pada tahun ini peserta yang ikut serta berasal dari Jawa Timur, DIY, Jawa Tengah, dan Jawab Barat,” imbuh Anjas selaku panitia. Ia juga berharap agar kedepannya, perlombaan ROBOTECH tersebut bisa menjangkau peserta hingga ke tingkat nasional.

Peserta pun menyambut baik dan berharap perlombaan seperti ini terus diadakan secara berkala dan rutin. Seperti penuturan Liza Firtia peserta dari SMP Muhammadiyah PLUS Gunungpring Muntilan. “Saya suka dan menyambut baik perlombaan seperti ini,  karena bisa meningkatkan kemampuan dalam merancang robot. Karena ini perlombaan pertama saya, maka saya berharap untuk terus diadakan di tahun – tahun selanjutnya,” imbuhnya.

Kompetisi ROBOTECH ini juga menjadi ajang pemanasan bagi UMY untuk menyambut Kontes Robot Indonesia 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Sportorium UMY pada bulan Juli mendatang.