Live Streaming

INFO HITS TERKINI

GAIA Cosmo Hotel Yogyakarta Dukung Kesenian Lewat "Hear Art"

GAIA Cosmo Hotel Yogyakarta Dukung Kesenian Lewat

GAIA Art Movement adalah sebuah program yang ditujukan sebagai suatu wadah untuk menginterpretasikan kreasi, karya, dan inspirasi. Program dari GAIA Cosmo Hotel ini mempunyai misi tersendiri untuk mensuport kesenian lokal beserta talenta-talentanya.

Pada tanggal 24 Maret 2018, GAIA Cosmo Hotel mengadakan satu hari penuh kegiatan seni, seperti workshop, Hotel Design & Art Tour, Artist Talk (ngobrol-ngobrol dengan seniman), dan Expert Discussion. Dengan 5 karya seni orisinil yang sudah mulai dipamerkan di GAIA Cosmo Hotel pada November tahun lalu, event Hear Art ini adalah event lanjutan untuk mengenalkan seni lebih jauh lagi kepada publik. Bekerja sama dengan Benda Art Management, kami berharap event ini dapat menjadi wadah dimana publik bisa mengenal dunia senia dan desain dari perspektif yang berbeda. Event ini dimulai dengan Artist Talk, dimana kelima seniman, Apri Susanto, Dery Pratama, Dedy Shofianto, Ludira Yudha, dan Ivan Bestari memperkenalkan diri mereka masing-masing, juga tentang karya-karya seni mereka sebelum dan sesudah mereka bergabung di program GAIA Art Movement ini.

Dedy Shofianto dan Apri Susanto memulai workshop mereka di poolside area tepat setelah Artist Talk selesai. Antusiasme dan partisipasi dari peserta workshop yang begitu besar dapat terlihat dengan jelas disaat mereka mulai mendengarkan penjelasan tentang cara mengolah tanah liat menjadi keramik dan kayu potongan menjadi insial nama, kalung, atau gantungan kunci. Media-media yang diundang pun turut berpartisipasi dan memenuhi area lobby GAIA Cosmo Hotel untuk meliput jalannya kedua workshop tersebut. Beberapa media terlihat sedang mewawancarai Yanno Tirtaharna dan RM. Satya Brahmantya sebagai perwakilan dari BENDA Art Management.

Dua workshop terakhir oleh Ludira Yudha dan Ivan Bestari dimulai setelah makan siang dan hotel and art tour. Menjelang sore, area samping kolam renang GAIA Cosmo Hotel semakin dipenuhi dengan peserta workshop yang ingin belajar lebih dalam tentang cara membuat karya seni dengan merajut kawat besi dan kaca daur ulang menggunakan metode flameworking. Bukan hanya peserta yang datang dari luar hotel saja yang mengikuti workshop-workshopnya, tetapi juga banyak tamu in-house yang penasaran dengan acara GAIA Art Movement: Hear Art ini dan akhirnya mengikuti beberapa workshop tersebut.

Event di hari Sabtu tersebut ditutup dengan Expert Discussion yang dipandu oleh Ignatia Nilu, dengan menampilkan beberapa pembicara tamu undangan seperti Alvin Tjitrowirjo selaku pendiri dari AlvinT, RM. Cahyo Bandhono selaku arsitek Amanjiwo, Asmudjo J. Irianto selaku dosen ITB & pengamat seni terkemuka, dan RM. Satya Brahmantya selaku salah satu pendiri dari BENDA Art Management, desainer dan pengamat seni. Segment diskusi ini dipenuhi dengan banyak pertanyaan oleh tamu-tamu serta mahasiswa yang datang perihal seni kriya serta perkembangan seni dan desain di Indonesia.