Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Konser Orkestra Simfoni Negeri Berkemajuan di UMY Penuh Kejutan

Konser Orkestra Simfoni Negeri Berkemajuan di UMY Penuh Kejutan
Kamis petang (21/09) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan acara konser orkestra bertajuk Simfoni Negeri Berkemajuan. Acara yang diselenggarakan di Sportorium Kampus Terpadu UMY tersebut berlangsung begitu meriah. Sekitar 3000 penonton memadati Sportorium UMY di malam konser tersebut. Alunan kombinasi alat-alat musik memperdengarkan beat-beat yang menyejukkan hati.
Dr.Ir. Gunawan Budiyanto,M.P selaku rektor UMY dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan salah satu bentuk diplomasi budaya yang memang diperlukan dalam rangka Indonesia berkemajuan. Dalam acara tersebut turut hadir pula Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. KH. Haedar Nashir yang juga mengatakan hal senada bahwa konser ini menunjukan dua elemen penting yang diperlukan oleh Indonesia untuk saat ini yaitu budaya dan pendidikan.
Acara konser tersebut dibuka dengan penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Drum Corps UMY yang memiliki prestasi yang cukup baik dikancah nasional maupun internasional. Selanjutnya Dwiki Dharmawan sebagai pimpinan dalam orkestra tersebut memanggil salah satu penyanyi yang cukup terkenal yaitu Rafli Kande untuk berduet bersama menyanyikan lagu yang menceritakan tentang bencana tsunami aceh. Lagu yang menjadi Ost Hafalan Sholat Delisa tersebut membuat penonton ikut dalam suasana haru dan semangat menyesuaikan dengan beat lagu yang dibawakan. Ada beberapa lagu yang dibawakan oleh Rafli Kande diantaranya "Meokondro", "Ya Rabbana" dan lagu yang sangat popular yaitu "Ibu" yang juga sempat membuat haru Rafli Kande sendiri.
Selain itu, konser ini juga dimeriahkan oleh Ita Purnamasari dan Fatin Shidqia Lubis. Ita membawakan empat buah lagu yang berjudul "Cintaku Padamu", "Dengan Menyebut Nama Allah", "Dzikir Tak Putus-Putusnya", serta "Ketika Tangan dan Kaki". Saat Ita membawakan sebuah lagu lawas tahun 80-an berjudul Cintaku Padamu, suasana semakin meriah ketika Ita mencoba mengajak beberapa tamu undangan yang hadir termasuk Rektor UMY untuk ikut menyanyikan lagu tersebut. Sedangkan Fatin membawakan tiga lagu yakni "Proud of You Muslim", "Cahaya di Langit Itu", termasuk salah satunya lagunya yang sangat terkenal yaitu "Aku Memilih Setia". Dipertengahan acara juga terdapat penampilan dari UKM Tari UMY yang menceritakan tentang sosok Pangeran Diponegoro.
            Acara semakin riuh ketika penonton dikejutkan dengan penampilan dari Rektor UMY yang menyanyikan lagu "Juwita Malam" karya Ismail Marzuki yang sempat dipopulerkan kembali oleh Slank. “Saya akan jemput pak rektor untuk bernyanyi bersama,” tutur Dwiki Darmawan sembari turun dari panggung.

            Kejutan tak selesai di sana, Ketua Umum PP Muhammadiyah diminta oleh pembawa acara untuk maju ke atas panggung membacakan sebuah puisi. Dengan diiringi solo piano oleh Dwiki, Dr. Haedar Nashir membacakan sebuah puisi berjudul Simfoni Negeri Berkemajuan yang merupakan karyanya sendiri. “Ini pertama kalinya saya diminta mendadak oleh pembawa acara untuk membacakan sebuah puisi. Tapi semoga dengan puisi ini bisa menambah semangat pemuda-pemudi untuk menjadikan Indonesia berkemajuan,” tuturnya.