Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Mahirnya Pemain Gamelan Berasal Dari London Inggris

Mahirnya Pemain Gamelan Berasal Dari London Inggris

Kelompok gamelan SISWA SUKRA yang berasal dari South Bank Centre, London, Inggris telah berada di Indonesia dari tanggal 5-22 Agustus 2017.

Kelompok yang beranggotakan 24 profesional ini dengan komitmennya telah bisa meluangkan waktu untuk berlatih dan bermain gamelan dengan benar. Sungguh membanggakan.

Kehadiran mereka di Indonesia perlu diapresiasi mengingat konsekuensi waktu dan biaya yang harus mereka keluarkan untuk perjalanan panjang ke Indonesia. Hal yang sangat penting sebagai bagian strategi diplomasi budaya Indonesia agar Indonesia lebih dikenal di dunia. Sebagai informasi, di Inggris ada sekitar 158 grup/komunitas gamelan, di Amerika ada sekitar 200, dan masihbanyak lagikomunitas gamelan seperti di Perancis, Jepang, dan lain-lain. merekalah Indonesianist yang turut mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Siswa Sukra ke Indonesia dan memberikan fasilitas untuk rangkaian perjalanan mereka selama di Jakarta, Yogykarta dan Solo.

Pementasan pertama Siswa Sukra berlangsung di Museum Wayang Jakarta pada 6 Agustus 2017 sungguh luar biasa, dilanjutkan dengan pementasan lain di Joglo Pete, Desa Majaksingi, Magelang, berpartisipasi pada FKY (Festival Kesenian Yogyakarta, dan kunjungan ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Tak kalah dengan pementasan sebelumnya, Solo juga menjadi tempat napak tilas kelompok Siswa Sukra ini dengan mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan gamelan antara lain seperti di Desa Jatitekan, Mojolaban, Bekonang Sukoharjo untuk melihat proses pembuatan gamelan, pentas tari dan gamelan di acara Car Free Day di depan Sriwedari yang cukup membuat heboh masyarakat, dan pmentasan di kampung/desa seperti pementasan malam ini di Desa Sabrang Lor, Trucuk, Klaten.

Sebagai puncak pementasan Siswa Sukra selama berada di Solo adalah pementasan di Pendodo ISI Surakarta pada hari Senin 21 Agustus 2017 pukul 19.00 sebagai ucapan terima kasih dan persembahan bagi para pengajar gamelan yang telah mengajarkan gamelan kepada anggota Siswa Sukro hingga berhasil seperti saat ini.