Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Pengabdian Oleh Poltekes Kemenkes Kepada Masyarakat Sleman

Pengabdian Oleh Poltekes Kemenkes Kepada Masyarakat Sleman

Pengabdian kepada masyarakat terpadu akan bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat desa Banyuraden, Nogotirto dan Trihanggo Gamping yang menjadi lokasi kegiatan pengabdian masyarakat.

Selain berguna bagi masyarakat kegiatan tersebut juga akan memberikan manfaat badi dosen daan mahasiswa Poltekes Kemenkes Yogyakarta yang terlibat dalam kegiatan pengabdian tersebut.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, Msi saat penerimaan peserta pengabdian kepada masyarakat Poltekes Kemenkes Yogyakarta di Auditorium Poltekes Senin (17/7).

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya dalah upaya yang dilaksaanakan oleh semua komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehaat bagi setiap orang agar terwujut derajat kesehatan yaang setinggi-tingginya.

Saat ini kita tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian daan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, diabetes dll. tambah Sri Purnomo.

Sedangkan menurut bupati sleman bahwa derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan.

Faktor perilaku dan faktor lingkungan memegang peran lebih dari 75% dari kondisi derajat kesehatan masyarakat. Perbaikan lingkungan dan perubahaan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sitematis dan terencana oleh semua komponen bangsa.

Oleh kaarena itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujutkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Sementara itu Joko Susilo mewakili Direktur Poltekes Kemenkes Yogyakarta melaporkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat Poltekes Kemenkes Yogyakarta tersebut dilaksanakan oleh para Dosen, Instruktur dan Mahasiswa dari enam keilmuan atau profesi kesehatan , yaitu Analis Kesehatan, Gizi, Kebidanan, Keperawatan Gisi, dan Kesehatan Lingkungan.

Saedang peserta pengabdian masyarakat tersebut terdiri mahaasiswa semester IV program Diploma III dan mahasiswa semester VI program Sarjana Terapan atau Diploma IV dari enam keilmuan atau profesi kesehatan sebanyaak 536 orang. Dosen dan Instruktur dengan latar belakang profesi kesehatan yang berbeda sebanyak 146 orang.

Sedang penyerahan peserta pengabdian kepada masyarakat Oleh Poltekes Kemeskes Yogyakarta ditandai dengan penandatangan berita acara oleh Bupati sleman dan Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI.

 

# Humas Pemkab Sleman