Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Mahasiswa UGM Sukses Gelar Gerakan Cinta Lingkungan dan Sadar Konservasi di Desa Wisata Nglanggeran

Mahasiswa UGM Sukses Gelar Gerakan Cinta Lingkungan dan Sadar Konservasi di Desa Wisata Nglanggeran

Mahasiswa D4 Bisnis Perjalanan Wisata Sekolah Vokasi UGM telah melaksanakan program Campaign Trenggiling at Nglanggeran sebagai pemenuhan tugas akhir dengan dosen pengampu Eska Nia Sarinastiti, S.I.Kom., M.A., CPR., CHE yang bermitra dengan Desa Wisata Nglanggeran. Trenggiling at Nglanggeran sendiri memiliki makna yang berarti Trekking and Planting for Healing the Soul. Kegiatan Trenggiling at Nglanggeran ini telah sukses dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2022 bertempat di Gunung Api Purba sebagai salah satu destinasi unggulan dan Embung Nglanggeran. Kegiatan tersebut diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari mahasiswa dan masyarakat umum.

Kegiatan Trenggiling at Nglanggeran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengangkat kembali awareness dari masyarakat terhadap keberadaan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran setelah adanya pandemi Covid-19. Tidak hanya sebagai salah satu program untuk meningkatkan kunjungan, Trenggiling at Nglanggeran juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta agar ikut menjaga kekayaan alam di sekitar kita supaya tetap terjaga kelestariannya.

Trenggiling at Nglanggeran memiliki beberapa aktivitas, seperti trekking di Gunung Api Purba, gerakan menanam pohon, dan makan kembulan bersama. Selain itu, dilakukan juga kegiatan FGD atau Focus Group Discussion yang dilakukan oleh panitia dan peserta sebagai wadah untuk bertukar informasi dan pendapat. Selama kegiatan berlangsung, Trenggiling at Nglanggeran ini didampingi oleh Bapak Triyana selaku Tour Guide di Gunung Api Purba dan Bapak Heru Purwanto selaku kepala bagian pemasaran di Desa Wisata Nglanggeran.

Tagar LangkahCintaUntukNglanggeran menjadi poin utama sebagai bentuk dari kegiatan Trenggiling at Nglanggeran dalam meningkatkan gerakan konservasi. Tidak hanya itu, aktivitas planting juga menjadi upaya untuk menjaga Gunung Api Purba sebagai salah satu lingkungan konservasi kawasan Geosite di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark (UGG). Dengan #LangkahCintaUntukNglanggeran yang digaungkan dalam acara Trenggiling at Nglanggeran ini diharapkan peserta tidak hanya berkunjung namun juga turut ambil bagian untuk mencintai dan menjaga Gunung Api Purba.

Salah satu peserta mengungkapkan jika kegiatan Trenggiling at Nglanggeran yang baru pertama kali diselenggarakan ini menjadi motivasi dan semangat bagi semua kalangan dalam menjaga lingkungan dan dapat dilakukan secara rutin. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan mampu mendukung dan memberikan wawasan terhadap pentingnya gerakan konservasi bagi lingkungan kedepannya.