Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Sasar Potensi Peluang Kerja Di 2023, Kominfo Ciptakan 'Jagoan Digital' Melalui Beasiswa DTS

Sasar Potensi Peluang Kerja Di 2023, Kominfo Ciptakan 'Jagoan Digital' Melalui Beasiswa DTS

Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta menyelenggarakan acara diskusi "Digital Talent Scholarship, Semua Bisa Jadi Jagoan Digital" di Hotel Harper Yogyakarta, Selasa (29/11/2022). Talkshow yang diikuti oleh segenap lapisan masyarakat itu, mulai dari mahasiswa, akademisi, media hingga UMKM membahas tentang kesiapan Indonesia masih kekurangan 9 juta talenta digital hingga 2045 untuk mendukung transformasi digital di tanah air.

Ketua Subpokja FGA Kementerian Kominfo, Eyla Alivia Maranny mengatakan, kebutuhan SDM bidang digital semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dengan melaksanakan program Digital Talent Scholarship (DTS) pada 2023 guna mendukung transformsai digital pada 2045. Targetnya bisa melahirkan 13.000 talenta digital.

Lanjut Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta Christiany Juditha di sela diskusi berharap melalui DTS yang merupakan program beasiswa pelatihan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pemerintah mampu menggenjot pemenuhan kebutuhan SDM digital di Tanah Air. Christiany menambahkan, DTS 2022 untuk Jawa Tengah, Bali, dan Daerah Istimewa Yogyakarta diikuti sebanyak 30.000 peserta. Kendati demikian, tidak semua peserta mengikuti pelatihan secara tatap muka.

Program DTS meliputi Digital Entrepreneurship Academy (DEA) pelatihan dengan target peserta UMKM dan usaha rintisan, Fresh Graduate Academy (FGA) untuk lulusan Sarjana, Vocational School Graduate Academy (VSGA) program pelatihan dan sertifikasi kompetensi bidang TIK. Thematic Academy (TA) menyasar komunitas, Professional Academy (ProA) untuk professional bidang TIK, serta Government Transformation Academy (GTA) pelatihan yang dikhususkan untuk ASN.