Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Praktek Kerja Industri Saat Pandemik? Siapa Takut!

Praktek Kerja Industri Saat Pandemik? Siapa Takut!

Praktek Kerja Industri, atau yang sering disebut dengan Prakerin, adalah kegiatan pendidikan, pelatihan & pembelajaran yang dilaksanakan oleh siswa-siswi SMK di Dunia Usaha/Dunia Industri. Tujuan dari Prakerin ini untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK sesuai bidangnya dan membekali siswa dengan pengalaman di dunia kerja, sehingga siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Seperti tahun ajaran sebelumnya, SMK Kesehatan Pelita Bangsa yang berada dibawah naungan PTK24 juga tetap mengadakan kegiatan Prakerin walaupun ditengah lonjakan pasien COVID-19 yang kala itu sedang tinggi-tingginya. Prakerin di tahun pembelajran 2021/2022 ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Adanya situasi darurat, dimana kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tinggi. Hal tersebut terjadi di sebagian besar lini usaha dari PT. K24, baik di Apotek K-24 maupun K-24 Klik, karena harus melayani lonjakan pasien yang ingin membeli obat-obatan. Melihat situasi kedaruratan ini, SMK Kesehatan Pelita Bangsa bersinergi dengan PT. K-24 mengambil langkah cepat untuk mengakomodir hal tersebut, diantaranya dengan mempercepat diadakannya program Prakerin di Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 dan membagi Program Prakerin menjadi 2 tahap.Tahap pertama dilaksakan Bulan Juni -Agustus 2021. Program ini dilakukan dengan sistem yang berbeda, yaitu sistem magang, dimana penempatannya dilakukan di area Jateng , D.I Yogyakarta & D.K.I Jakarta. Fasilitas yang diperoleh peserta Prakerin berupa mess tempat tinggal, Swab PCR, Uang Saku & Jaminan pengobatan jika terjadi positif Covid-19.Tentunya saat bekerja di tempat prakerin, siswa harus menaati protokol kesehatan sesuai dengan (Standard Operating Procedure) SOP di tempat prakerin.Tahap kedua Bulan September -November 2021. Program ini diadakan, untuk siswa yang tidak mengambil program prakerin tahap pertama. Program ini dilakukan dengan sistem yang sama dengan prakerin di tahun sebelumnya. Tentunya juga dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat. untuk tahap II ini prakerin berada di wilayah D.I Yogyakarta.

Pembagian Program Prakerin menjadi 2 tahap ini juga tidak menghalangi siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Siswa yang mengikuti prakerin tahap I tidak akan mengalami “ketinggalan” dalam pembelajaran, karena sekolah juga mendukung program tersebut dengan “sistem pembelajaran khusus”.

Semua program ini pada dasarnya dilakukan oleh SMK Kesehatan Pelita Bangsa dalam rangka bersinergi dengan PT. K-24. Jadi, era pandemik bukan halangan yang berarti bagi SMK Kesehatan Pelita Bangsa untuk tetap meningkatkan kompetensinya dan salah satu program pengabdian masyarakat bagi peserta didik agar siap dalam pencapaian tujuan LULUS LANGSUNG KERJA.

INFO PPDB 2022-2023:

Web                            : www.smkpelitabangsa.sch.id

Instagram                  : http://tiny.cc/IG_SMK_Kes_PelitaBangsa

FB                               : http://tiny.cc/FB_SMK_Kes_PelitaBangsa

Daftar online dg klik: https://bit.ly/formulirppdb_2022-2023

Lokasi sekolah         : https://maps.app.goo.gl/HeoGdBzPtMQEWyvR8