Live Streaming

INFO HITS TERKINI

BPK RI Lakukan Pemeriksaan Interim Terhadap Laporan Keuangan POLRI Tahun 2020 Di POLDA DIY

BPK RI Lakukan Pemeriksaan Interim Terhadap Laporan Keuangan POLRI Tahun 2020 Di POLDA DIY
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melakukan pemeriksaan Interim terhadap laporan keuangan Polri Tahun 2020 di Satker Jajaran Polda DIY, Senin (21/12/2020). Pembukaan pemeriksaan berlangsung di Gedung Anton Sudjarwo Polda DIY. Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan I BPK RI bidang Polhukam Dr. Hendra Susanto, S.T., M.Eng., M.H., CFrA., CSFA beserta tim dan Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M,Si.
 
Kegiatan ini diikuti oleh Kapolda DIY, pejabat utama Polda DIY serta Kapolres/Ta jajaran Polda DIY. Pemeriksaan akan dilaksanakan selama beberapa hari kedepan dan dimulai hari ini. Sasaran dalam pemeriksaan ini meliputi kas di bendahara penerimaan, bendahara pengeluaran, persediaan, dan belanja atas kegiatan operasional yang dilaksanakan pada awal dan akhir tahun anggaran. Entitas / lokasi yang diperiksa meliputi satker Polda dan satker Polres yang masuk dalam zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). 
 
Dalam sambutannya Irwasum Polri menyampaikan bahwa berdasarkan UU Nomor 15 tahun 2006 tentang BPK, menyebutkan bahwa BPK RI diberikan amanat oleh UU untuk melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan K/L di NKRI. Diharapkan para objek pemeriksaan dapat membantu tim BPK RI dengan memberikan dokumen dan data-data pendukung serta terbuka dalam memberikan jawaban.
 
Selain itu untuk temuan tim BPK RI kepada Polda DIY dan jajaran nantinya akan dikonsultasikan dan ditindaklanjuti rekomendasinya. Polri akan mendampingi dan mengawasi serta memastikan agar rekomendasi atas temuan tersebut nantinya dapat ditindaklanjuti dengan tuntas. 
 
Pimpinan I BPK RI bidang Polhukam Dr. Hendra Susanto, S.T., M.Eng., M.H., CFrA., CSFA dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPK merupakan satu-satunya pemeriksa yang mencakup pemeriksaan kinerja, pemeriksaan laporan keuangan serta pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Tujuan dari pemeriksaan ini bukanlah mencari kesalahan namun untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan.
 
Kapolda DIY Irjen Pol. Asep Suhendar, M.Si, menyatakan siap memfasilitasi dalam menunjang pemeriksaan interim oleh BPK RI dan memerintahkan kepada jajarannya untuk menyajikan data komprehensif untuk mendukung pemeriksaan tersebut. Dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir Polda DIY telah menerima 2 (dua) kali kunjungan pemeriksaan, tahun 2016 dan 2019.