Live Streaming

INFO HITS TERKINI

11.000 Pelari Ikut Meriahkan Borobudur Marathon 2019 powered by Bank Jateng

11.000 Pelari Ikut Meriahkan Borobudur Marathon 2019 powered by Bank Jateng

Sebanyak 11.000 pelari dari berbagai penjuru dunia memeriahkan gelaran event lari internasional tahunan, Borobudur Marathon 2019 powered by Bank Jateng. Jumlah pelari tersebut berasal dari 35 negara dan negara Malaysia menjadi penyumbang peserta lari luar negeri terbanyak. Sejak pendaftaran dibuka pada bulan Juni lalu, pendaftar awalnya sebanyak 17.029, kemudian tersaring menjadi 8.000 pelari dengan sistem ballot. Yang itu artinya, sekitar 9.000 runners tidak bisa mengikuti Borobudur Marathon 2019.

Jadwal penyelenggaraan Borobudur Marathon 2019 digelar pada hari Minggu, tanggal 17 November 2019. Perlombaan lari yang mengusung tema Synergy & Harmony ini menawarkan hadiah yang amat menggiurkan bagi para pemenang dan dibagi dalam beberapa kategori lomba.

Borobudur Marathon 2019 dilaksanakan di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Acara ini menjanjikan pengalaman baru bagi pelari juga wisatawan untuk menjelajahi Kota Magelang dengan cara yang berbeda. Acara yang dipersembahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Harian Kompas dan Bank Jateng ini bukan sekadar lomba lari semata. Para peserta Borobudur Marathon 2019 akan disambut hangat oleh masyarakat, mencicipi kuliner khas, dan berbagai hal menarik lainnya di Magelang.

Borobudur Marathon 2019 dibagi dalam tiga jenis perlombaan, yaitu Marathon, Half Marathon, dan 10K. Marathon terdiri dari Kategori Overall, Kategori Indonesia, dan Kategori Master. Half Marathon terdiri dari Kategori Overall dan Kategori Indonesia. 10K terdiri dari Kategori Overall dan Kategori Indonesia.

Guna memeriahkan lomba lari Borobudur Marathon 2019, berbagai agenda menarik dilakukan. Kegiatan-kegiatan itu tak lepas dari suasana hangat dan ramah tamahnya warga lokal kawasan Candi Borobudur sebagai tuan rumah. Sajian kuliner, kebersihan lingkungan sekitar, hingga budaya tradisional maupun kearifan lokal lainnya sangat kental terasa dan diperlihatkan dengan cantik. Seperti dalam Friendship Run yang digelar pada Sabtu (16/11/2019) di Candi Pawon, Magelang misalnya. Mulai dari masyarakat lokal, tamu undangan VIP dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, pihak sponsor, dan warga negara asing menyatu menyemarakkan salah satu agenda jelang Borobudur Marathon 2019. Acara fun run sejauh 3,1 km ini mengitari jalan-jalan Kampung sekitar Candi Pawon, Magelang.

Dan pagi ini, Rombongan pelari Borobudur Marathon 2019 dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sekitar pukul 05.00 WIB. Kategori pertama adalah Full Marathon, disusul Half Marathon pada pukul 05.30 dan terakhir 10K. Sebelum melepas rombongan pelari di garis Start/Finish, Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur Bapak Ganjar Pranowo menyenangati para pelari dan doakan para pelari dapat lari senang dan bahagia. Tidak lupa Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, juga turut menyemangati pelari.

Borobudur Marathon 2019 powered by Bank Jateng diikuti sebanyak 10.900 pelari yang berasal tidak hanya dalam negeri saja, ajang lari tingkat internasional ini juga diikuti oleh para pelari dari mancanegara. Ada peningkatan signifikan pada jumlah pelari di tiap kategori lari. Jumlah saat ini sebanyak 4.300 pelari pada Half Marathon, 4.300 pelari di 10K, dan sisanya dari Full Marathon. Peningkatan terbesar ada pada kategori 10K ke Half Marathon. Tahun 2018 lalu ada 9.600 pelari saja. Tahun 2019 ini ada 10.900 peserta yang ikut serta. Bahkan spectator dihitung mencapai 30 ribu orang. Peningkatan ini tak hanya dari segi jumlah peserta tetapi juga jumlah uang yang berputar di Borobudur Marathon. Hal itu terlihat dari banyaknya Hotel, Homestay yang ada di masyarakat, penuh dipesan oleh para peserta. Kuliner dan berbagai produk dari masyarakat juga mendorong ekonomi yang ada di pedesaan tumbuh.